10 Cara Ampuh dan Aman Mengusir Tikus untuk Kesehatan


1. Gunakan kapur barus untuk cara mengusir tikus
Untuk mengatasi beberapa jenis hewan yang cukup mengganggu, kapur barus selalu menjadi andalan. Pilih kapur barus pengusir tikus sabagai cara mengusir tikus di rumahmu. Hewan pengerat itu sangat tidak suka dengan bau-bauan yang harum seperti kapur barus. Caranya adalah dengan menaruh kapur barus di tempat yang sering didatangi oleh tikus. Dengan begitu mereka akan merasa terganggu dan tidak ingin mendatangi rumahmu lagi. Cara mengusir tikus dengan trik ini bisa kamu lakukan dengan mudah karena kapur barus pengusir tikus ini sangat mudah untuk didapatkan.

2. Pelihara jangkrik merupakan cara ampuh mengusir tikus
Memelihara jangkrik bisa menjadi salah satu cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Konon tikus tidak suka dengan tempat yang bising dan ramai. Sehingga suara jangkrik yang tak seberapa nyaring atau jangkrik aduan bisa mengganggu pendengaran tikus. Kamu bisa menaruh hewan jangkrik di area yang sering dilalui oleh tikus. Ini bisa menjadi cara mengusir tikus yang efektif dan alamiah.

3. Cara mengusir tikus dengan kulit durian
Buah yang satu ini selain memiliki cita rasa yang nikmat, rupanya bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya. Bagian yang digunakan sebagai cara mengusir tikus adalah pada bagian kulitnya. Caranya kamu cukup memotong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampun sebagai salah satu cara mengusir tikus.

4. Gunakan daunt mint sebagai cara alami mengusir tikus
Cara mengusir tikus yang aman bagi kesehatan yang lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Bagi sebagian orang, tanaman mint dapat ditanam di kebun dalam rumah untuk memberikan suasana segar.  Daun ini tidak hanya berguna buat tubuh, tapi rupanya memiliki kegunaan lainnya yaitu sebagai tanaman pengusir tikus. Hewan pengerat ini tidak tahan dengan aroma mint yang tajam, sehingga jika menciumnya saja, tikus-tikus ini bisa mabuk dan terkulai lemas.

Cara mengusir tikus dengan mint sangat mudah. Yakni, dengan menyiapkan seikat daun mint dan kemudian ambil sarinya ketika dilarutkan dalam air. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilalui tikus. Ini akan menjadi cara mengusir tikus yang ampuh sekaligus alamiah.

5. Cara mengusir tikus dengan saus cabai dicampur dengan deterjen dan air
Untuk cara mengusir tikus yang lainnya adalah dengan menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Taruh campuran tadi ke dalam botol semprotan, kemudian semprot cairan tersebut ke wilayah yang sering dilalui tikus.  Cairan ini efektif menjadi cara mengusir tikus yang tepat karena tikus akan merasa panas dan lari terbirit-birit.

6. Menggunakan irisan bawang sebagai cara mengusir tikus
Siapa yang tahan dengan bau yang dihasilkan irisan bawang? Salah satu yang tidak tahan adalah hewan pengerat. Mereka juga tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini, sehingga ini juga merupakan cara mengusir tikus yang ampuh. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering mereka datangi atau di tempat persembunyian mereka, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

7. Lada bubuk untuk cara mengusir tikus
Selain menjadi salah satu bumbu yang bisa menyebabkan kamu bersin-bersin ketika menambahkannya ke dalam masakan, rupanya lada bubuk juga ampuh sebagai cara mengusir tikus lho. Cara mengusir tikus dengan lada bubuk adalah dengan menaruh sedikit saja lada bubuk di tempat persembuyian mereka atau di tempat yang sering mereka datangi. Ini akan membuat mereka merasa terganggu dan pergi. Senyawa piperin yang sangat menyengat mampu membuat lada menjadi salah satu cara mengusir tikus secara alami.

8. Cobalah cuka untuk mengusir tikus
Cuka bukan hanya menjadi campuran masakan yang lezat, tapi baunya yang menyengat tidak disukai tikus. Jika kamu ingin mengusir tikus dengan cuka, pertama-tama temukan dahulu lokasi di mana tikus sering lewati. Kemudian ambilah kapas untuk dicelupkan dengan cuka. Pastikan kamu menggunakan pelindung atau sarung tangan agar tanganmu tidak perih. Letakkan kapas tersebut di tempat yang sering dilalui tikus.  Tikus akan kapok untuk melewati area tersebut.

9. Gunakan kantung teh bekas untuk mengusir tikus
Bagi kamu yang hobi minum teh, cara yang satu ini tentu akan menjadi cara yang paling efisien. Kantung teh memiliki kandungan senyawa peppermint yang membuat tikus terganggu penciumannya. Tentu saja tikus tidak akan betah berada di sekitar kantung teh tersebut. Cara mengusir tikus dengan kantung teh ini cukup mudah. Cukup letakkan kantung teh di tempat yang sering dilalui tikus. Pastikan kantung teh masih lembab sehingga aromanya masih cukup kuat untuk mengusir tikus.

10. Manfaatkan wangi cengkeh untuk cara mengusir tikus
Cengkeh memang terkenal memiliki harum yang khas. Cengkeh tidak hanya cocok untuk digunakan sebagai bumbu dapur, tapi juga dapat menjadi campuran minuman teh. Berkat wanginya yang khas, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus. Tikus benar-benar sangat tidak menyukai wangi tersebut dan akan segera lari jika mencium bau cengkeh. Jadi kamu bisa menggunakan cengkeh sebagai cara mengusir tikus yang efektif. Untuk menggunakan cengkeh, kamu perlu menyiapkan kain kasa. Masukkan beberapa potong cengkeh ke dalam kain tersebut. Tunggulah beberapa hari agar cengkeh benar-benar kering. Kemudian letakkan cengkeh yang kering di tempat yang sering dilalui tikus. Ingat, semakin kering cengkeh yang kamu siapkan, semakin tajam baunya. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel