Inilah 12 Dekorasi Rumah Sederhana yang Harus Kamu Coba

Inilah 12 Dekorasi Rumah Sederhana yang Harus Kamu Tahu

HHE.com - Mempunyai rumah yang mungil, bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan situasi yang nyaman atau bahkan membuatnya terlihat lebih besar.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui jika rumah yang nyaman itu tidak selalu harus diisi banyak dekorasi atau furnitur yang harganya mahal, namun dekorasi rumah sederhana saja sebenarnya sudah cukup.

Untuk itu, Anda hanya perlu memilih dekorasi rumah sederhana yang mampu menciptakan ilusi mata orang sekitar dan efisiensi tempat.

Lalu, bagaimana agar dekorasi rumah Anda dapat menciptakan efisiensi tempat dan ilusi mata?

Anda simak saja pembahasan 12 daftar dekorasi rumah sederhana berikut ini.

1. Mengecat dinding berwarna cerah

Dekorasi rumah sederhana berupa warna dinding yang cerah, bisa menciptakan situasi yang nyaman dan menimbulkan efek ruangan yang lebih besar. Rekomendasi warna yang tepat untuk menghiasi dinding rumah mungil ialah putih, biru muda, atau krem.

Jika Anda masih kesulitan dalam hal ini, cobalah untuk menggantungkan lukisan atau hiasan dinding berukuran sedang yang memiliki warna cerah dan, tempatkan pada dinding yang paling luas sebagai dekorasi rumah sederhana.

2. Miliki meja dan kursi yang tembus pandang

Ketika memilih kursi dan meja sebagai dekorasi rumah sederhana, pilihlah yang menggunakan material tembus pandang berkualitas seperti akrilik. Walaupun tembus pandang dan sedikit terlihat rapuh, faktanya material akrilik ini cukup kuat untuk menahan beban di atasnya.

Meja dan kursi yang tembus pandang itu akan menimbulkan ruangan yang semula mungil terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

3. Memajang cermin

Berbicara tentang rumah, dekorasi rumah sederhana yang paling mudah untuk digunakan ialah cermin. Cermin dalam bentuk dan ukuran apa pun, bisa menciptakan ruang mungil terlihat lebih besar.

Peletakkan cermin dalam ruangan mungil pun sangat mudah. Anda bisa meletakkannya di atas meja pajangan atau menggantungkannya di bagian dinding. Dengan catatan, lokasi tersebut tidak mudah dijangkau anak supaya tidak terjadi hal buruk.

Supaya terlihat serasi dengan interior ruangan, pilihlah cermin dengan bingkai yang memiliki warna dan bentuk yang sama sesuai dengan gaya ruangan. Dekorasi rumah sederhana yang satu ini, dapat Anda temukan dengan mudah di toko online atau pusat perbelanjaan.

4. Furnitur berukuran kecil lebih baik

Hindari menggunakan furnitur berukuran besar untuk dekorasi rumah sederhana di dalam rumah, apalagi rumah mungil, meski Anda sangat menyukai desainnya. Furnitur berukuran terlalu besar di dalam rumah sudah pasti akan membuat rumah terasa sesak dan penuh.

Sebaiknya gunakan furnitur berukuran kecil yang disesuaikan dengan ukuran ruangan. Kunci utama pada saat memilih furnitur ini ialah memastikan jika sofa, kursi, dan meja kopi ini diletakkan di satu ruangan, masih ada ruang yang tersisa di bagian tengah.

5. Ottoman sebagai dekorasi rumah sederhana? Oke juga

Biasanya, Ottoman  hadir dalam ukuran sedang atau kecil. Fungsi dari ottoman ini sebenarnya ialah sebagai sandaran kaki atau tempat meletakkan gelas atau majalah di sebuah ruangan. Tapi, permukaan ottoman yang empuk ini juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk tambahan.

Ottoman juga bisa dipindahkan dengan mudah ke tempat yang diinginkan karena ukurannya kecil dan beratnya tidak berlebihan. Juga, merupakan pilihan yang tepat sebagai dekorasi rumah sederhana untuk ruang keluarga mungil milik Anda.

6. Mengecat garis horizontal di dekorasi rumah sederhana

Tahukah Anda mengenai ilusi mata menggunakan garis? Garis vertikal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi, sedangkan garis horizontal mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

Sedangkan untuk ruangan yang agak mungil, Anda bisa menerapkan motif garis horizontal sebagai dekorasi rumah sederhana.

Motif garis horizontal ini bisa digunakan pada dinding. Untuk warna garisnya, pilihlah warna aman seperti hitam dan putih. Tapi jika Anda berani bereksperimen menggunakan warna lain, mengapa tidak?

7. Biarkan langit-langit rumah terbuka sebagai dekorasi rumah sederhana

Pada umumnya, rumah sederhana mempunyai langit-langit yang rendah. Masalah ini dapat membuat rumah Anda terasa semakin kecil dan sempit sehingga, mengakibatkan para penghuni rumah merasa tidak nyaman untuk beristirahat.

Dekorasi rumah sederhana berikutnya yang bisa Anda terapkan di rumah mungil ialah mengekspos langit-langit rumah.

Artinya, Anda bisa membuka penutup langit-langit dan membiarkan tiang-tiang penyangganya terlihat. Melalui cara ini, rumah mungil Anda dijamin akan terasa lebih luas.

Selain itu, dengan dekorasi seperti ini hewan kecil seperti tikus akan kesulitan untuk bersarang di dalam rumah Anda. Dekorasi ini juga termasuk cara mengusir tikus yang aman.

8. Susunlah furnitur secara simetris sebagai bentuk dekorasi rumah sederhana

Menyusun furnitur dalam posisi yang simetris sebagai bentuk dekorasi rumah sederhana dapat membuat rumah terlihat lebih rapi, bersih, dan seimbang. Berbagai furnitur yang dapat Anda atur dalam posisi simetris ini ialah lemari, kursi, lampu, dan pot tanaman.

Jangan lupa, furnitur itu tidak perlu berukuran besar tapi harus sesuai dengan ukuran ruangan dalam rumah dan juga, sesuaikan desain furnitur tersebut dengan desain interior.

9. Terangi setiap sudut rumah dengan lampu sebagai dekorasi rumah sederhana

Lampu adalah sumber cahaya buatan yang berfungsi untuk menerangi ruangan rumah supaya para penghuni rumah bisa melakukan berbagai kegiatan dengan leluasa.

Juga, lampu ini bisa menjadi dekorasi rumah sederhana. Sebaiknya, letakkan lampu pada posisi yang tepat supaya bisa menerangi semua sudut ruangan di rumah. Rumah yang terang akan membuatnya terasa lebih luas dan bersih.

10. Miliki Rak buku terbuka yang tinggi

Untuk Anda pecinta buku, memiliki rak buku di dalam rumah ialah suatu kewajiban. Nah, untuk masalah rak buku, pilihlah rak terbuka yang tinggi bukan lebar. Rak buku terbuka sebagai dekorasi rumah sederhana, dapat menciptakan kesan ruang yang lebih luas.

Juga, ukurannya yang tinggi akan lebih efisien tempat dibandingkan dengan rak buku yang lebar. Serta, dengan rak terbuka ini Anda akan lebih gampang mencari koleksi buku yang ingin dibaca.

11. Menggantungkan tirai yang tinggi

Ketika memilih tirai untuk dekorasi rumah sederhana, Anda tidak perlu mempertimbangkan warna dan bahannya, namun juga posisi tiang tirainya. Supaya rumah terasa lebih tinggi dan megah, gantungkanlah tirai setinggi mungkin sehingga tercipta ilusi.

Tak perlu khawatir kalau jendela Anda kecil, karena dekorasi tirai ini akan menyembunyikan ukuran jendela tersebut.

12. Pakailah karpet bermotif besar sebagai dekorasi rumah sederhana

Jika Anda bosan dengan tampilan rumah yang begitu-begitu saja, Anda bisa mencoba ubah dekorasi rumah sederhana dengan mengganti motif karpet.

Jika rumah Anda mungil, pilihlah karpet dengan warna lembut dan bermotif besar supaya tercipta kesan ruangan yang lebih lapang.

Penutup

Demikian artikel mengenai Inilah 12 Dekorasi Rumah Sederhana yang Harus Kamu Tahu. Semoga bermanfaat untuk Anda dan terimakasih sudah berkunjung. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel